ANALISA PEMILIHAN BAHAN PADA PEMODELAN SPROKET

Penulis

  • Feddy Wanditya Setiawan Program Studi D3 Teknik Otomotif Politeknik Hasnur
  • Danang Yugo Pratomo Program Studi D3 Teknik Otomotif Politeknik Hasnur

DOI:

https://doi.org/10.46365/jmio.v1i01.338

Abstrak

Sproket adalah komponen penggerak rantai sebagai pemindah tenaga, dimulai dari poros satu ke poros lainnya. Untuk pemindahan daya efektif, sproket rantai dibuat dan direncanakan dengan tepat. Berbagai sproket bervariasi dari jumlah gigi, pengukuran dan jenis materialnya, misal pada sepeda, sepeda motor, mobil, kendaraan roda rantai, dan mesin lainnya. Kajian ini menggunakan dasar pemodelan sproket dengan rekayasa ulang model. Pengujian dengan analisa elemen hingga akan diketahui kekuatan dan ketangguhan sproket sampai batas optimum. Pemodelan sproket dirancang dan disimulasikan sebelum pengujian operasional. Digunakan beberapa bahan seperti baja paduan, besi tuang kelabu, serat karbon lalu dilakukan komparasi nilai tegangan tarik, total deformasi, level tekanan dan tegangan. Kemajuan proses pemodelan ini agar pengecekan sproket melalui pemilihan bahan terbaik. Dengan perangkat lunak berbasis analisis elemen hingga (FEA), dibuat perbandingan dimensi, perancangan model dan bahan ideal untuk sproket.

 

Kata Kunci: software analisis elemen hingga, pembuatan model, sproket, sifat bahan, simulasi pengujian

Referensi

[1] Harvey, J.N and Noble, G.A (2007). Inoculation of Cast Irons- An Overview. 55th Indian Foundry Congress. pp 344-360.
[2] Onsoien, M.I and Skaland, T (2001). Preconditioning of Grey Iron melts using Ferrosilicon or Silicon carbides. American Foundry Society.
[3] Higgins, R.A (2004). Engineering Metallurgy: Applied Physical Metallurgy, 6th ed. Viva Books. New Delhi. pp.355-356.
[4] Chisamera, M; Riposan, I; Stan, S; White, D and G.Grasmo, (2008). Graphite Nucleation Control in Grey Cast Iron, International journal of cast metals research. W.S. Maney & son Ltd, Vol. 21 No. 1-4. pp39-44.
[5] Sudsakorn Inthidech, Prasonk Sricharoenchai and Yasuhiro Matsubara (2006). Effect of Alloying Elements on Heat Treatment Behavior of Hypoeutectic High Chromium Cast Iron, Materials Transactions. Vol. 47, No. 1, pp. 72.
[6] Mark Ihm. (2010). Introduction to Gray Cast Iron Brake Rotor Metallurgy. TRW Automotive. Society of Automotive Engineers.www.slideshare.net/usman31/tutorial-ihm. July, 02, 2019.
[7] Cleiton C. et.al. (2008). Evaluation of AISI 4140 Steel Repair Without Post-WeldHeat Treatment. Journal of Materials Engineering and Performance. ASM International. p.1-9.
[8] Edwan Anderson A. et.al. (2014). Numerical Simulation with Thorough Experimental Validation to Predict the Build-up of Residual Stresses during Quenching of Carbon and Low-Alloy Steels. ISIJ International. Vol. 54 No. 6. pp. 1396–1405.
[9] W.N.M. Jamil. et.al. (2016). Mechanical properties and microstructures of steel panels for laminated composites in armoured vehicles. International Journal of Automotive and Mechanical Engineering (IJAME). Vol.13. Issue 3 pp. 3742 – 3753.
[10] Ahmet Avc?. et.al. (2009). Mechanical and microstructural properties of low-carbon steel-plate-reinforced gray cast iron. Journal Of Materials Processing Technology. Vol.20 Issue 9. pp.1410–1416.
[11] V.Dattoma, R. et.al. (2016). Advanced NDT Procedures And Thermal Data Processing On CFRP Aeronautical Components. Proceedings IRF2018: 6th International Conference Integrity-Reliability-Failure Lisbon/Portugal. Editors J.F. Silva Gomes and S.A. Meguid. 22-26 July 2018.

Unduhan

Diterbitkan

2019-08-27

Cara Mengutip

Setiawan, F. W., & Pratomo, D. Y. (2019). ANALISA PEMILIHAN BAHAN PADA PEMODELAN SPROKET. JMIO, 1(1), 23–29. https://doi.org/10.46365/jmio.v1i01.338