PENGUJIAN ALAT PENGECEK DAN PEMBERSIH INJECTOR MOTOR

Authors

  • Raybian Nur

DOI:

https://doi.org/10.46365/jmio.v1i02.379

Keywords:

Injector, EFI, Nozle, Plunger, R&D

Abstract

Pada sistem EFI terdapat sebuah komponen yang berfungsi untuk mengabutkan bahan bakar yang kerjanya diatur oleh sistem elektronik yang disebut injector. Pada injector terdapat sebuah kumparan yang jika dialiri arus listrik akan menjadi magnet yang akan mengangkat sebuah plunger yang menutup nozzle (lubang pengabutan). Nozzle tersebut mempunyai lubang yang sangat kecil, jika lubang tersebut tersumbat maka akan berpengaruh pada kinerja mesin. Untuk mengatasi hal tersebut diperlukan pembuatan sebuah alat pembersih dan pengecek injector. Alat ini dibuat bertujuan untuk membersihkan kotoran yang menyumbat pada injector dan mengecek keadaan injector. Selain itu pembuatan alat ini bertujuan untuk memperpanjang usia injector serta mengkondisikan injector dalam keadaan bagus. Metode yang digunakan dalam pembuatan alat ini adalah metode pengembangan atau R&D (Riset and Development). Metode pengembangan adalah sebuah proses yang digunakan untuk mengembangkan dan memvalidasi sebuah produk. Hasil dari pengujian alat ini menunjukan bahwa alat ini mampu bekerja dengan baik. Pada saat pengujian sebuah injector lama motor beat pada alat ini menunjukan bahwa injector tersebut masih layak untuk digunakan karena debit yang dihasilkan kurang lebih 30 ml/ menit. [5] Jika sebuah injektor dapat menghasilkan debit lebih dari 12-15 ml/mnt injektor tersebut masih layak digunakan. Pada injector tersebut tidak terdapat kebocoran karena [2] ketika arus listrik yang mengalir ke injektor diputus dan tidak ada indikasi yang menunjukkan bahwa injektor masih mengeluarkan bahan bakar maka injector tersebut tidak bocor.

References

Sukhaemi, Akhmad, dkk. 2016. Pengaruh

Variasi Komposisi Campuran Bahan Bakar

Premium Dengan Pertamax 92 Terhadap

Daya dan Emisi Gas Buang Pada Honda

Vario Techno 125. Universitas Negeri

Malang.

Pranoto, Aji dan Purwanto, Adi. 2014.

Analisa Kerusakan Dan Model Perawatan

Injektor Pada Sistem Injeksi Bahan Bakar

Elektronik. Institut Sains Teknologi

AKPRIND, Yogyakarta.

Borg, W.R. & Gall, M.D. Gall.

Educational Research: An

Introduction, Fifth Edition. New York:

Longman.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian

Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung.

Alfabeta.

Irawan, Andik dan Tyagita, Adi, Dicky.

Rekayasa Teknologi Sistem

Pengkabutan Bahan Bakar Kendaraan

EFI. Politeknik Negeri Jember.

PT Astra Honda Motor. 2012.

Published

2020-05-30

How to Cite

Nur, R. (2020). PENGUJIAN ALAT PENGECEK DAN PEMBERSIH INJECTOR MOTOR. JMIO: Jurnal Mesin Industri Dan Otomotif, 1(02), 20-24. https://doi.org/10.46365/jmio.v1i02.379